SENI RUPA KONTEMPORER CHINA

menurut curator pameran, fei Dawei pada katalog pengantar pameran, gelombang baru tahun 1985 menjadi penanda munculnya seni rupa kontemporer china. pada tahun 1985 banyak pameran pelukis muda de berbagai tempat dengan menawarkan corak visual dengan tema segar. ada pemeran The Progessive Chinese youth art, Hunan art, The’85 New space dan The 85 graduates works. Pameran makin banyak salah satunya adalah kelompok pond society yang membuat instalasi berjudul performance art yaitu membakar lukisan di depan New Art Museum di Xiamen. tahun 1987 seniman huang yongpin membuat instalasi berjudul reptile, yaitu beberapa undukan besar yang berbentuk makam tradisional china yang terbuat dari tumpukan korang yang telah dihancurkan dengan mesin pencuci. karya ini menyindir rezim yang mati-matian mencuci otak dan budaya masyarakat.
          Geng jiangyi anggota pond society melukis wajah wajah tertawa yang multi tafsir,  yaitu seperti merekam eksperis sekaligus yaitu gembira sedih marah atau sinis. gaya ininkemudain mempengaruhi pelukis-pelukis berikutnya.tahun 1988 Xu bing membuat instalasi menumpuk buku dan kertas yang dipenuhi tulisan. ini juga merupakan sindiran atasa situasai rakyat chinayang selama 10 tahun dicekoki doktrin partai sekaligus ditutup dari informasi dunia. semua itu memuncak pada pameran yang bertajuk china Avant grade di galeri nasional tahun 1989.inilah yang biasa dikenal dengan  pameran seni rupa kontemporer china. pameran ini menjadi sangat politisa karena pemerintah menutupnya dan kegiatan sebagian seniman avant grade dibatasi. karena di kekang di negeri sendiri seniman huang yongping, gu dexin dan yang jiechang malah di undang mengikuti pameran Megicience De La Tere di centre pompidou di paris, prancis. dobrakan ini berhasil memperkenalkan karya seni rupa baru china di seluruh dunia.
 pada awal tahun 1990-an muncul sejumlah seniman yang memperkuat gerakan kelompok seniman avant garde, seperti Fang Lijun, Yang Shaobin dan Yue Minjun. karya mereka sangat kental dengan corak realism-sinis yang menertawakan situasi atau realism-traumatis yang membeberkan luka yang dialami masyarakat tertindas.

contoh lukisan seni rupa kontemporer china :
*      Lukisan karya yang shiobin




 www.sircadgarelly.com/chinese/artists6/yangshaobin.htm




 www.sircadgarelly.com/chinese/artists6/yangshaobin.htm

*     
Lukisan karya Yu Min Jun “Between Meccccn and Animal”




*      lukisan seni rupa kontemporer karya fang lijun

      

 Penyusun:
Riezka rachmawati

Rohani

Rosidah

Siti fauziah

Siti humaeroh


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 12 IPA 4Template by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.