SENI RUPA KONTEMPORER JEPANG


                Sejak awal tahun 2000-an, anime dan manga merupakan seni rupa kontemporer Jepang yang identik dengan  memperlihatkan atau menampilkan pengaruh budaya pop Jepang yang mendunia. Hal tersebut adalah bukan suatu hal yang baru, namun ada sejak tahun 1990-an dan dominan  tidak lepas dari para seniman Jepang yang popular, terutama Yoshitomo Nara dan Takashi Murakami dalam waktu kira-kira  10tahun terkahir ini.  Tampil dan susksesnya nama Yoshitomo Nara dan Takashi Murakami dalam penampilan-penampilan besar internasional yang sukses dapat mempengaruhi masyarakat sekitar dan citra seni rupa Jepang berkembang besar. Selain Yoshitomo Nara dan Takashi Murakami masih banyak nama-nama seniman Jepang yang ikut serta dalam perkembangan seni rupa Jepang, yaitu seperti Aida Makoto, Akira Yamaguchi dan Tenmyouya Hisashi.
          Seni merupakan suatu hal yang tidak bisa terlepaskan dari kehidupan manusia yang akan terus berkembang. Seni dapat muncul dalam berbagai bentuk,jenis dan ukuran, Seni yangdapat diciptakan tidak hanya yang dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, contohnya patung dll. Tapi kita juga dapat membuat seni lainnya, seperti seni yang berada di negara Jepang. Beberapa  seni yang kreatif dan unik di Negara Jepag adalah :

1.Seni Melukis Sawah ( Seni Tanbo )
     

Sekarang ini di Negara Jepang sawah tidak hanya untuk menanam. Tapi sawah juga digunakan untuk membuat atau menciptakan suatu karya seni. Biasanya untuk melukis menggunakan bahan dan alat-alat lukis,tapi lain hal nya di Negara Jepang, mereka membuat harya seni menggunakan tanaman-tanaman yang mereka tanam ataupun panen yang digunakan sebagai bahan untuk membuat lukisan sawah ( seni Tanbo ). Tanaman yang mereka gunakan untuk membuat seni tersebut adalah tanaman yang memilik warna yang berbeda.
 Seni tanbo ini dimulai sejak tahun 1993 yang berawal dari masyarakat inakadate. Masyarakat Jepang membuat seni ini berawal dari rasa hormat para penduduk terhadap sejarah desa tersebut. Hingga sekarang setiap bulan April mereka berdiskusi  untuk memutuskan gambar yang akan mereka buat atau ciptakan.

2.Seni Menghias Bento
        Untuk menghasilkan seni bento ini,  makanan-makanan yang telah kita siapkan dihias sedemikian rupa hingga menjadi gambar yang kita inginkan hingga terlihat unik.



3.Seni Akuarim
         
          Belum lama ini orang-orang Jepang telah memperkenalkan suatu k bentukarya seni baru, seni tersebut dinamakan seni akuarium. Hidetomo Kitamura adalah salah satu seniman yang mendalami karya seni akuarium ini. Hidetomo Kitamura menggunakan ribuan ekor emas yang di simpan di instalasi yang terbentuk kurang lebih 50 buah akuarium.

4.Seni Lukis Make-up Tubuh

            Choo-san adalah seorang seniman Jepang yang telah memperkenalkan karya seni ini.  Choo-san telah berhasil membuat dan menciptakan karya seni ilusi make up ini  yang berbentuk manusia, sehingga tampak seperti tangan manusia yang dimodifikasi

5.Amezaiku, Seni Permen


            Masih banyak karya seni dari Negara Jepang

Sumber :

Penyusun artikel:
1. CEPI SUMARNA
2. DANDI KUNTARA
3. DEDE ROSDIANA
4. EKA APRILIA
5. IHROM HUMAEROH

2 komentar:

  1. Blog yang menarik.... semoga terus berkembang... Saya ingin berbagi wawancara dengan Katsushika Hokusai (imajiner) di http://stenote-berkata.blogspot.com/2018/05/wawancara-dengan-katsushika.html

    BalasHapus
  2. Artikel yang menarik.... semoga terus berkembang... Saya ingin berbagi wawancara dengan Katsushika Hokusai (imajiner) di http://stenote-berkata.blogspot.com/2018/05/wawancara-dengan-katsushika.html

    BalasHapus

Copyright © 2012 12 IPA 4Template by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.