Seni Rupa Modern Amerika Serikat


Seni rupa modern Amerika selama tahun 30-an bersifat eksperimen yang mengarah ke Abstrak Geometris, seperti Piet Mondrian seniman yang banyak pengikutnya sehingga menjadi simbul dan tokoh bagi seniman abstrak Amerika. Kemudian munculah Abstrak Ekspresionisme yang menentang adanya abstrak geometris. Latar belakang perkembangan seni rupa modern Amerika yaitu didasari oleh tendesi para pelukis dalam menggunakan kuas dan berbagai cara yang berhubungan dengan isyarat atau gerak kwas dan tekstur. Di pihak lain bahwa para pelukis tergantung pada tanda yang abstrak, imajinasi bentuk dengan kesatuan bidang warna yang luas. Seni abstrak bersifat individualistis dan sangat pribadi. Gerakan neoplastis, dinyatakan oleh Piet Mondrain bahwa: semua lukisan itu terdiri dari garis dan warna yang merupakan esensi gerakan neoplastis. Oleh karena itu garis dan warna harus dibebaskan dari beban peniruan alam, dan membiarkan keberadaannya sebagai garis dan warna itu sendiri. Beberapa fenomena, manifesto dan gerakan seni rupa sebelumnya yang paling berpengaruh pada gerakan ini antara lain: Dada, Abstrak-Ekspresionisme, Pop Art, minimalisme. Seni Minimalis sebagai estetika baru secara berarti, diawali ketika Frank Stella dengan tegas menyatakan bahwa ada dua persoalan yang harus diutarakan sebelum asumsi-asumsi Abstrak-ekspresionisme diperdebatkan, yaitu pertama mengenai ruang spasial dan kedua metodologi.

Seni Lukis Kontemporer Amerika Serikat

Seni art lukisan adalah suatu kesenian yang diekspresikan melalui gambar oleh para penipta seninya, seni lukis sudah dimulai dari beberapa abad yang lalu, dimana terdapat beberapa cabang seni lukis (art lukisan). Nilai suatu seni art lukisan dapat dinilai dari beberapa aspek yang terdapat dari lukisan tersebut. Seni lukis kontemporer berarti seni lukis sekarang atau masa kini. Seni Lukis kontemporer memiliki masa popularitas tertentu sehingga seni ini dapat dikatakan bersifat temporer. Seni Lukis ini dapat dinikmati pada masa populernya dan apabila sudah lewat maka masyarakat tidak lagi menyukainya. Karya-karya Seni Lukis kontemporer pada mulanya muncul di Eropa dan Amerika,  seperti lukisan karya Andy Warhol dan patung karya Hendri Moore.

Seni Lukis Kontemporer juga sering dikaitkan dengan teknik Abstraksi. Teknik Abstraksi dalam Seni Lukis Kontemporer ini adalah usaha untuk mengesampingkan unsur bentuk dari lukisan. Unsur yang dianggap mampu memberikan sensasi keberadaan objek diperkuat untuk menggantikan unsur bentuk yang dikurangi porsinya. Abstraksi disebut juga sebagai salah satu aliran yang terdapat di dalam seni lukis.









(Seni Lukis Andy Warhol)


Tokoh Karya Seni Rupa Modern :




1.      Jackson Pollock

Paul Jackson Pollock (1912-1956) lahir pada 28 Januari di Cody, Wyoming, United States. Jackson adalah seorang pelukis Amerika Serikat yang cukup berpengaruh dan merupakan tokoh utama dalam gerakan abstrak ekspresionis.





v  Hasil karya :



Judul : (Lavender Mist)





jackson pollock.jpg




                                                            Judul : (Autumn Rhythm)





                                                   Judul : (Number 18 1950)




 




                                          Judul : (Moby Dick)

2.      Stuart Davis



Stuart Davis (1892-1964) adalah pelukis Amerika yang lahir di Philadelphia pada tanggal 7 Desember. Pada awalnya, Davis melukis dengan aliran realisme, kemudian lukisan Davis semakin condong ke aliran seni abstraks. Sebagai seorang seniman modern, Davis telah menjelajahi kubisme dan impresionisme.





v  Hasil Karya :










                                                    Judul : (Hot Still-Scape for Six Colors)










                                                 Judul : (Owh! In San Pao)







                                        Judul : (The Mellow Pad)




3.      Georgia O’Keeffe




Georgia Totto O’Keeffe (15 November 1887 – 6 Maret 1986) merupakan seorang seniman berkebangsaan Amerika Serikat. Dia dilahirkan di Sun Prairie, Wisconsin. Dia pertama kali hadir di pameran umum tepatnya di New York pada tahun 1940-an. Dia hadir di Art Institute of Chicago pada 1943 dan satu lagi pada 1946 di Museum of Modern Art di New York.







v  Hasil Karya :







                                             Judul : (Charcoal on Paper)










                                                 Judul : (Blue and Green Music)



Daftar Pustaka :








Penyusun :

1.   SITI JULIANAWATI

2.   SITI JUYANAH

3.   SITI NURMILAH

4.   SRI NUR’AIDAH

5.   SUMYATI


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 12 IPA 4Template by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.